Tugas 2 MPPL Mokapos
Analisis Kebutuhan pada Website Mokapos
Mokapos adalah perusahaan rintisan Software as a Service(SaaS) dari Indonesia dan bergerak di ranah aplikasi kasir. Produknya mengakomodir 3 tipe bisnis utama, yaitu makanan dan minuman, ritel, dan layanan. Mokapos memiliki website yang dapat diakses melalui mokapos.com. Sebagai sebuah perangkat lunak, tentunya mokapos mencoba untuk mengatasi masalah yang ada serta memberi kebutuhan kepada para pengguna. Berikut ini merupakan analisa siklus manajemen proyek dari mokapos.
1. Identification of the Problem
Pada langkah ini, dilakukan identifikasi masalah yang dihadapi dan ingin diselesaikan oleh Mokapos, antara lain :
- Kebutuhan penjual untuk bedagang secara online
- Promosi yang sulit dijangkau oleh konsumen target
- Sulitnya mencari di google mengenai produk penjual
- Penjual merasa kesulitan akan jalannya bisnis secara operasional
- Pembayaran non-tunai
- Stok barang yang sulit dikelola
- Kesulitan dalam mengelola manejemen pengelolaan restoran
- Sistem manajemen karyawan
- Tidak adanya modal bagi pelaku usaha
- API yang sulit dipahami oleh pelaku usaha
- Pelayanan pelanggan online yang dibutuhkan
2. Identification of the Scope
Di langkah ini, kita mengidentifikasi scope dari proyek mokapos, antara lain :
- Pelaku usaha UMKM yang membutuhkan modal
- Pelaku usaha UMKM yang membutuhkan manejemen usaha
- Pelaku usaha UMKM yang membutuhkan pemasaran
- Pelaku usaha UMKM yang membutuhkan pengelolaan secara teknis
3. Identification of Deliverables
Langkah ketiga, Mengidentifikasi bagaimana hasil proyek akan disajikan, yaitu sebagai berikut :
- Perangkat lunak berupa website yang dapat diakses dari mana saja
- Berbagai solusi atas permasalahan yang ada, seperti Peminjaman modal, layanan kasir, dan lainnya
4. Identification of the project stakeholder
Langkah berikutnya, mengidentifikasi siapa saja pihak yang terlibat dalam Mokapos, yaitu :
- Pemilik UMKM
- Karyawan UMKM
- Pelanggan
- Pemilik Mokapos
- Karyawan UMKM
5. Development of business case
Langkah ini merupakan cara implementasi untuk menyelesaikan permasalahan, yaitu :
- GoStore, pengembangan situs pelaku usaha
- FB & IG Shops, pemasaran melalui IG dan FB
- Google Shopping, pemasaran melalui google service
- Point of Sale, bantuan pemberdayaan bisnis
- E-Wallet, Sistem pembayaran non-tunai
- Inventory Managemen, manajemen stok barang
- Table Management, manejemen pelayanan untuk restoran
- Employee Managemen,manajemen pegawai
- Capita, Pinjaman modal
- Connect, membantu menghubungkan usaha dengan API
- Selly, Bantuan pelayanan pelanggan secara online
Komentar
Posting Komentar